Daftar di sini Login Berlangganan
Artikel Kategori
Hiburan
Belanja
Makanan
Wisata
Pendidikan
Budaya
Ilmu/Tek
Umum
Lintas Daerah
Budaya Artikel
fiksimini sunda
Catatan Kehidupan Redjono Hadi
Budaya Blog
Out and about
Iklan di Sini - Dapatkan Jangkauan Worldwide dan Lokal dengan mempromosikan bisnis Anda di warta-majalengka.com
Artikel > Budaya > Wayang Kita (oleh: NeniB)

Wayang Kita

Komentar (0) (di Budaya) - oleh: NeniB - 18-OKT-2011 22:25
Wayang adalah khas seni budaya Indonesia
Wayang
Wayang

Wayang adalah kesenian khas budaya  Indonesia, khusunya budaya Jawa,  yg mana berasal dari India namun seiring dengan zaman misi dan visi sehingga terdapat  banyak perbedaan antara wayang India dan wayang Indonesia. ada beberapa jenis pewayangan yg kita kenal, wayang Wong adalah wayang yang diperankan oleh orang, wayang kulit wayang yg dibuat dari bahan kulit binatang dan wayang Golek wayang yg dibuat dari bahan kayu.
 

Wayang Kulit (Image Internet )

Wayang itu sendiri adalah menggambarkan karakter dan sifat manusia  sebagaimana dalam kehidupan bersosial...beberapa tokoh tokoh dalam karakter pewayangan yg paling dikenal adalah diantaranya ;  Arjuna yg ganteng dan gagah berani...Rahwana si penguasa yg jahat dan serakah, Khanoman yg berwujud binatang kera namun berhati Dewa ,dan masih banyak lagi tokoh-tokoh pewayangan yg lainnya.

Wayang Wong/orang

Khususnya untuk wayang Golek , hal ini sangat di kenal di daerah jawa barat sebagai budaya sunda karena jenis wayang ini memang berbahasa sunda. tokoh wayang golek yg paling dikenal karena karakternya yg humoris adalah "Cepot". melalui tokoh pewayangan cepot ini biasanya kritik atau saran terhadap masyarakat dan pemerintah dengan cara yg cukup unik dan menggelitik.

Tokoh wayang Golek si Cepot

Baru-baru ini telah diadakan kegiatan "Indonesia Kontemporer 2011"  di SOAS London University pada tgl 15 - oct-2011 yg diprakarsai ARTi.Uk  sebuah organisasi yg bertujuan mempromosikan Indonesia di UK.

Dalam acara itu terdapat berbagai kegiatan dari mulai stand makanan khas Indonesia, tenun, batik, dan berbagai pertujukan  seperti gamelan, pemutarn film Indonesia yg bersifat informasi , tari- tarian termasuk  tari Bali dan tak ketinggalan pertunjukan wayang kulit yg dibawakan dalang berkebangsaan Asing / kelahiran America,   Professor Matthew Isaac Cohen dia belajar seni pewayangan di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dia juga melakukan pertunjukan Wayang di dunia Internasional dibawah perusahaan atas nama KANDA BUWANA . pada tahun 2009, beliau menerima gelar kehormatan dari kesultanan kerajaan CIREBON dengan nama KYAI NGABEHI .

Dalang Seniman Asing Professor Matthew Isaac Cohen

Hal yg patut kita hargai akan apa yg dilakukannya melestarikan dan mengenalkan budaya Indonesia dengan antusiasnya meski dirinya bukan orang Indonesia. semoga dengan banyaknya para seniman dan budayawan asing yg begitu semaraknya mempelajari budaya kita, tidak berarti mengambil alih posisi kita sebagai penerus dan pemilik warisan leluhur kita. tetaplah lestarikan dan banggakan kekayaan budaya kita .

 


   
  

(Anda harus login untuk mengirim komentar/balasan, Anda dapat mendaftar di sini)
bahasa/language: Bahasa Indonesia English Language
Excelsis Fine Fragrances -Handcrafted With Real Essential Oils
Mastershop
BigYellowzone.com - Pengembang Web - Belanja Spesialis
Iklan di Sini - Dapatkan Jangkauan Worldwide dan Lokal dengan mempromosikan bisnis Anda di warta-majalengka.com

Kebijakan Privasi dan Ketentuan

Kami menjaga privasi serius.

Kami menghargai privasi dari pengunjung situs kami / anggota sangat serius.
Silakan klik di sini untuk melihat kebijakan privasi kami dan istilah umum, yang juga mencakup rincian dari "yang dapat melihat apa?" mengenai informasi yang Anda masukkan di situs, dan pendekatan umum kami / istilah untuk penggunaan situs.

Hak Cipta © 2011-2017 BigYellowZone. All Rights Reserved.
Dirancang/Dibuat oleh: BigYellowZone.com