Daftar di sini Login Berlangganan
Berita Kategori
Hiburan
Belanja
Makanan
Wisata
Pendidikan
Budaya
Ilmu/Tek
Umum
Lintas Daerah
Wisata Artikel
MAJALENGKA BISA MENJADI KOTA WISATA PENDIDIKAN
Kartun Dokar Kambing
U.ch.pe2h Berita
KEHILANGAN
POLSEK CIWARINGIN MENGGELAR PELAYANAN TERPADU
"TELAH HILANG BPKB Sepeda Motor"
TELAH MENINGGALKAN RUMAH
Manis Gula-Gula Cinta
Dua Siswi Mengaku Dicabuli
Kegiatan Peningkatan Pengolahan dan Pemasaran Produk Ikan dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Tahun 2011
UPAYA MENEGAKKAN KEWENANGAN DAERAH SESUAI DENGAN UU No.22/1999
Kecamatan Talaga Juara Umum MTQ Ke-42 Tingkat Kabupaten Majalengka
Bupati Majalengka membuka secara resmi MTQ ke-42
U.ch.pe2h Artikel
Kecap Legendaris dari Majalengka
Wisata Blog
Tourism Blog
U.ch.pe2h's Blogs
wartamajalengka
Iklan di Sini - Dapatkan Jangkauan Worldwide dan Lokal dengan mempromosikan bisnis Anda di warta-majalengka.com

PESONA ALAM CURUG CIPEUTEUY

Komentar (0) (di Wisata) - oleh: U.ch.pe2h - 25-JAN-2012 05:45
PESONA ALAM CURUG CIPEUTEUY
PESONA ALAM CURUG CIPEUTEUY
PESONA ALAM CURUG CIPEUTEUY
Kabupaten Majalengka sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di utara, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan di timur, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya di selatan, serta Kabupaten Sumedang di sebelah barat diberkahi dengan bentang alam yang indah dan mempesona yang sungguh mengagumkan untuk dinikmati.Pesona alam Majalengka menyimpan potensi pariwisata. Salah satu objek wisata yang ada di kabupaten Majalengka adalah TamanWisata Curug Cipeutey.
Yang merupakan Muka dari Wilayah Kabupaten Majalengka wilayah Timur yang memiliki Wisata diantaranya Taman Wisata Curug Cipueteuy yang terdapat di Blok Dukuh Pasir Desa Bantar Agung adalah merupakan salah satu obyek wisata yang paling lengkap di Kabupaten Majalengka. Karena letak lokasi obyek wisata tersebut berada tepat di bawah kaki Gunung Ciremai, selain menjadi sarana untuk wisata alam, dan wisata kuliner juga Taman Wisata Curug Cipeuteuy ini bisa dijadikan sebagai wisata pendidikan yang dijamin bisa memuaskan para pengunjungnya. Dan Curug Cipeuteuy juga memiliki ciri khas dengan adanya makanan yang dinamakan Pete, Cuhcur, emping, duren, dan kepundung, khas Bantar Agung
Taman wisata curug cipeuteuy yang dibangun diatas tanah seluas 12 hektar, mulai dibuka secara resmi sejak satu tahun lalu, tepatnya pada bulan Juni 2010 lalu.Sebagai penunjangnya selain karena didukung dengan memiliki panorama alam yang sangat mempesona, Taman Wisata Curug Cipeuteuy ini telah dilengkapi Juga disediakan saung santai untuk keluarga atau rombongan.
Bagi pengunjung yang senang dengan olahraga tantangan bisa menikmati flying fox. Bahkan lokasi yang berada di lingkungan Taman Wisata Curug Cipeuteuy, selain cocok untuk dijadikan sebagai arena wisata keluarga, atau lokasi ini di sediakan tempat makan prasmanan. Disamping itu sediakan lokasi komplek jajanan kuliner, misalnya kupat tahu, baso tahu, mie ayam, soto ayam dan minuman segar.
Guna untuk memberikan pelayanan optimal kepada para pengunjung khusus para pengunjung yang datang ke lokasi telah disiapkan lahan khusus untuk bumi perkemahan yang bisa digunakan untuk kegiatan pendidikan Pramuka yang di selenggarakan oleh pihak sekolah.
Lahan yang disediakan untuk digunakan sebagai bumi perkemahan ini bisa menampung sampai sebanyak 2rb orang peserta, yang telah dilengkapi untuk pengambilan air minum, kayu bakar untuk kegiatan api unggun, tempat MCK, serta disediakan mushola yang cukup memadai. Khusus bagi pihak sekolah yang berminat untuk melaksanakan kegiatan perkemahan di lokasi Taman Wisata  Curug Cipeuteuy, cukup membayar sewanya sebesar Rp9ribu/orang. Sehingga, dengan demikian para pengunjung bisa secara leluasa menikmati keindahan panorama alam yang ada di sekitarnya, dan bisa menikmati sejumlah fasilitas yang tersedia. Bahkan, jika suasana hari sedang cerah, para pengunjung pun dari lokasi Taman Curug Cipeuteuy bisa menikmati langsung keindahan puncak Gunung Ciremai.
            Di sekitar area lokasi Curug sudah terlihat ada penataan yang dilakukan oleh pihak pengelola.Di tempat ini sudah ada beberapa gazebo, saung lesehan, peta lokasi dan kafe lesehan. Para pengunjung nampaknya cukup menikmati dan  merasa betah dengan suasana alam yang masih terasa sejuk pegunungan curug Cipeuteuy.
Marta Selaku Ketua MPGC (Masyarakat Peduli Gunung Cireumai) mengungkapkan, area wisata curug Cipeuteuy ini berdiri diatas lahan 12 hektar ditambah dengan tiga hektar area bumi perkemahan di blok Awi Lega. Kini sejumlah gazebo dan café dengan nuansa lesehan telah tegak berdiri lengkap dengan toilet umumnya dengan sumber air langsung dari sumber mata air curug.
“Kita mulai buka jam 8 pagi dan tutup jam 5 sore, dengan personel pengelola sebanyak 50 orang. Jika bukan libur lebaran, para pengunjung setiap minggunya mencapai 300-400 orang, yang berasal dari Cirebon, Indramayu dan Kuningan serta orang Majalengka dan wilayah sekitar kecamatan Sindangwangi.” Ujarnya.
Ketua MPGC  Marta dan para pengelola serta warga sekitar Curug Cipeutey, berharap kepada Pemkab Majalengka untuk segera membantu panataan jalan menuju lokasi curug Cipeuteuy, karena selama ini 70 persen tanah milik warga telah dihibahkan untuk membantu ramainya curug supaya banyak pengunjung.
“Kita sangat berharap ada bantuan dari pemerintah Kabupaten Majalengka, dalam hal ini Disporabudpar. Selain pengunjungnya yang berasal dari kabupaten tetangga, Dandim 0617 Majalengka sendiri, yang telah berkunjung pun pernah menginstruksikan agar di daerah ini segera dilakukan penataan karena Sindangwangi ini akan dijadikan sentra obyek wisata alam. Kami sebagai warga telah melakukan swadaya sebagaimana mestinya, sekarang tinggal pemerintah Majalengka yang harus turun tangan.” Tandasnya.
Wisata Alam ini memang mempunyai pesona alam yang sungguh indah dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Terdapat Dua Air terjun di Wisata ini, yang lebih terkenalnya yaitu Curug Cipeuteuy yang dijadikan nama tempat Wisata ini dan yang satunya adalah curug pari seperti yang dikatakan oleh kang dedi ( begitu saya memanggilnya kepada salah seorang penduduk asli Blok Dukuh Pasir Desa Bantar Agung Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka ketika ngobrol-ngobrol ditempat wisata ini) tidak hanya lokasinya yang banyak di tanami pohon pinus tapi juga lokasinya yang berlembah luas sejuk dan satu lagi ada Bumi Perkemahan juga yang tidak jauh dari lokasi ini , lokasi wisata ini tidak terlalu jauh sekitar 2km dari jalur jalan Ds. Bantaragung - Ds. Payung untuk sampai ke pintu gerbang Obyek Wisata Curug Cipeutay. Dengan kondisi jalan yang sedikit banyak tanjakan dan beberapa meter jalan yang belum di aspal tapi masih layak untuk di lewati ( tapi hati-hati kalau musim hujan bisa aja jalan tersebut licin).
Untuk bisa sampai menuju ke lokasi Taman Curug Cipeuteuy bisa dituju dari berbagai arah, jika dari Bunderan Cigasong Majalengka menuju ke arah Cirebon, arah Prapan melintasi Rajagluh belok kea rah Cirebon, dari kabupaten Cirebon menuju arah rajagaluh-majalengka. [u.ch.pe2h/Din]
(Anda harus login untuk mengirim komentar/balasan, Anda dapat mendaftar di sini)
(artikel ini dimoderatori - Anda dapat melihat komentar Anda / balasan segera setelah Anda posting mereka, tetapi yang lain hanya akan melihat mereka sekali pemilik telah menyetujui artikel mereka)
bahasa/language: Bahasa Indonesia English Language
Excelsis Fine Fragrances -Handcrafted With Real Essential Oils
Mastershop
BigYellowzone.com - Pengembang Web - Belanja Spesialis
Iklan di Sini - Dapatkan Jangkauan Worldwide dan Lokal dengan mempromosikan bisnis Anda di warta-majalengka.com

Kebijakan Privasi dan Ketentuan

Kami menjaga privasi serius.

Kami menghargai privasi dari pengunjung situs kami / anggota sangat serius.
Silakan klik di sini untuk melihat kebijakan privasi kami dan istilah umum, yang juga mencakup rincian dari "yang dapat melihat apa?" mengenai informasi yang Anda masukkan di situs, dan pendekatan umum kami / istilah untuk penggunaan situs.

Hak Cipta © 2011-2017 BigYellowZone. All Rights Reserved.
Dirancang/Dibuat oleh: BigYellowZone.com