Signup here Login Subscribe
Article Categories
Entertainment
Shopping
Food
Tourism
Education
Culture
Science/Tech
General
Cross-Regional
Tourism Articles
Kartun Dokar Kambing
Tourism News
PESONA ALAM CURUG CIPEUTEUY
Tourism Blogs
Tourism Blog
Advertise Here - Get Worldwide and Local Reach by promoting your business on warta-majalengka.com

MAJALENGKA BISA MENJADI KOTA WISATA PENDIDIKAN

Comments (0, +3 awaiting moderation) (in Tourism) - by: Eman Suherman, S.Pt SOKM - 02-JAN-2012 11:38 PM
MARI KITA OPTIMALKAN POTENSI YANG ADA MENJADI NYATA DENGAN KARYA NYATA YANG KITA BISA. BUKIT ALAM HEJO ADALAH SALAH SATU KARYA YANG MENCOBA MENWUJUDKAN POTENSI YANG ADA MENJADI NYATA.

MAJALENGKA KOTA TUJUAN WISATA PENDIDIKAN
(potensi yang ada menjadi nyata)

 Disusun oleh :

Eman Suherman, S.Pt SOKM
Pendiri & Pengelola Bukit Alam Hejo
Spesialis Optimalisasi Kekuatan Momentum
 

Sebagai daerah yang berada dikaki gunung Ciremai, wilayah  Majalengka mempunyai banyak potensi yang bisa dikembangkan. Sampai saat ini sudah banyak potensi daerah yang digali tetapi masih ada juga yang belum tergarap dengan optimal. Sesuai dengan yang disampaikan Bupati Majalengka Bapak Sutrisno, SE. M.Si di sebuah tabloid mingguan, beliau menyampaikan bahwa ada 3 potensi besar yang bisa dikembangkan  di Majalengka yaitu Pertambangan, Peternakan / Pertanian dan Pariwisata.
 
Khusus untuk bidang pariwisata sebenarnya Majalengka mempunyai potensi yang sangat beragam baik yang sudah ada maupun yang belum tergarap. Wisata yang ada di Majalengka bisa kita kelompokan kedalam beberapa kelompok seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata agro, wisata sejarah, wisata religi dan wisata pendidikan. Akan tetapi gaung dari wisata yang ada tersebut belum bisa mengangkat atau melambungkan nama Majalengka diluar sana. Jujur saja kita akui bahwa nama Kuningan, Cirebon, Indramayu dan Sumedang lebih dikenal orang di banding dengan Majalengka. Kenapa nama-nama daerah tadi lebih dikenal dibanding dengan nama Majalengka, meskipun sebenarnya secara geografis maupun keunggulan potensi daerah tidak kalah jauh dibanding mereka.
 
Bila kita melihat dari sisi marketing penyebabnya adalah Majalengka tidak mempunyai branding yang kuat atau spesifik, sehinggga namanya kurang terdengar di luar Majalengka.  Potensi yang ada selama ini seperti pengrajin batu alam di Bobos, pengrajin rotan di Leuwi Laja, pengrajin bambu di Terjaya maupun Karayunan, pembibitan didaerah Salagedang, pertanian system molases di Argalingga serta beberapa tempat wisata yang ada belum mampu mendongkrak popularitas nama Majalengka. Hal ini bisa jadi karena tempat-tempat tadi hanya bermain sendiri sehingga tidak mampu mengangkat nama Majalengka menjadi lebih dikenal di luar sana.
 
Atas dasar analisis tersebut diatas, kita bisa melihat bahwa sebuah produk atau usaha apapun kalau ingin lebih diterima oleh masyarakat harus mempunyai segmentasi yang jelas atau pembeda / nilai specific yang kuat agar mempunyai daya saing yang kuat dipasar. Begitu juga dengan daerah,  khusunya Majalengka agar dapat dikenal diluaran sana maka akar permasalahan yang harus segera dibenahi adalah Majalengka harus mempunyai pembeda yang kuat atau ikon baru sehingga mampu menciptakan brand yang akan lebih di kenang. Seperti halnya kalau kita sebut Cirebon melekat dengan kota Udang, Sumedang dengan tahu Sumedang-nya, Kuningan dengan kota sejarah maupun pariwisatanya, Indramayu dengan tarling dan mangganya begitu juga dengan Jogyakarta dengan kota pelajar. Selama ini Majalengka melekat dengan apa, setahu saya ketika ditanyakan ke berbagai lapisan  masyarakat pada umunya secara garis besar yang ada dibenak meraka adalah Majalengka sebagai kota angin atau  kota pensiun. Masalahnya adalah apakah dengan 2 ikon tadi kita bisa bangga sebagai warga Majalengka menyebutkanya atau hanya sekedar kelakar semata. Untuk itu kita secara bersama-sama  harus mulai memikirkan dan mensosialisakian ikon baru yang lebih menjual dan membanggakan.
 
Ikon baru tersebut sebenarnya sudah dimiliki oleh kota Majalengka, dan kalau secara bersama-sama disosialisasikan terutama oleh pihak-pihak yang punya kebijakan yaitu pihak pemerintah daerah dan seluruh masyarakat yaitu WISATA PENDIDIKAN niscaya ikon baru tersebut akan memasyarakat diwarga Majalengka..
 
WISATA PENDIDIKAN yang dimaksud adalah mengoptimalkan tempat-tempat yang ada disekitar Majalengka, jadi tidak harus menggunakan anggaran yang besar untuk mewujudkannya.  Kita hanya perlu mengkolaborasikan dan mensinergikan tempat-tempat yang merubah barang / jasa dengan memberi nilai tambah sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Tempat-tempat tersebut tidak perlu dirubah, mereka tetap melakukan aktivitas seperti biasanya tetapi sekaligus bisa menjadi tempat wisata pendidikan / pembelajaran bahkan memungkinkan mereka akan memiliki pendapatan ganda dari program tersebut.
 
Adapun maksud dan tujuan dari program WISATA PENDIDIKAN ini adalah memberikan wawasan dan pengertian perlunya menata ulang Pola Pikir(Paradigma) kita dalam menghadapi perubahan dari Era Industri menuju Era Informasi. Dengan adanya perubahan Pola Pikir diharapkan siswa nantinya lebih peka dan terbuka terhadap setiap peluang maupun informasi yang ada serta menyadari bahwa Aset terbesar adalah diri kita sendiri sehingga mampu menemukan cara yang tepat menuju kesuksesan pribadi yang lebih cepat  dengan memiliki mental berjiwa mandiri.   
 

Metode program WISATA PENDIDIKAN adalah  siswa diajak meninjau langsung ke beberapa sentra produksi yang merubah atau memberikan nilai tambah pada suatu produk atau jasa dimana hasilnya setelah diberikan nilai tambah tadi jauh lebih tinggi harganya {misalnya sentra pengrajin Batu Alam di bobos, sentra pengrajin Bambu yang dirubah menjadi alat-alat rumah tangga di Terjaya,  sentra pengrajin Rotan yang dirubah menjadi alat-alat rumah tangga di Leuwi Laja, sentra pembibitan buah di Salagedang dan Bukit Alam Hejo yang merubah lahan tidur menjadi tempat wisata.alam di Pasirayu. Setelah meninjau dibeberapa tempat tadi peserta akan diberikan wawasan di Bukit Alam Hejo bagaimana merubah sesuatu yang kurang berarti {barang maupun jasa} menjadi bermanfaat dan berdayaguna sekaligus mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi.  Setelah itu peserta bisa menikmati permainan yaitu berenang.
 
Sasaran dan manfaat yang ingin dicapai dari program WISATA PENDIDIKAN ini adalah setiap peserta program WISATA PENDIDIKAN dapat menemukan perubahan Pola Pikir (Paradigma) yang sangat diperlukan di Era Informasi ini untuk dapat menangkap semua informasi dan peluang yang ada.
 
WISATA PENDIDIKAN yang dilaksanakan di Majalengka, kalaupun ada  ditempat lain dipastikan berbeda dalam segmentasinya. WISATA PENDIDIKAN yang ada di Majalengka lebih kearah menumbuhkan Jiwa Mandiri, Kreativitas dan Inovasi yang akan mampu memberikan nilai tambah terhadap barang / jasa, juga mampu mengkomunikasikan dan memasarkan serta yang paling penting dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.
 
Kalau program WISATA PENDIDIKAN ini bisa dimanfaatkan  oleh pihak-pihak terkait terutama sekolah-sekolah yang ada di Majalengka, dapat dipastikan gaungnya akan terdengar diluar daerah Majalengka. Harapannya wilayah Cirebon, Kuningan. Indramayu dan sekitarnya bisa memanfaatkan program WISATA PENDIDIKAN ini. Bila hal ini terjadi tentunya akan timbul efek yang lain yaitu kesektor penginapan, kuliner maupun oleh-oleh baik berupa makanan maupun kerajinan tangan. Bukankah ini sebuah potensi yang sangat luar biasa kalau bisa kita garap secara bersama.-sama Sehingga tidak menutup kemungkinan kalau Majalengka bisa dikenal dengan ikon baru yaitu Majalengka Kota Tujuan Wisata Pendidikan.
 
Hal ini bukan sebuah angan-angan, tetapi bisa benar-benar terjadi hanya perlu 1 s/d 2 tahun saja untuk mensosialisasikan program ini baik itu dari pemerintahan daerah yang mempunyai kebijakan sampai masyarakat yang peduli akan kemajuan kota Majalengka. Sehingga suatu saat nanti kalau ada yang menayakan dari daerah mana saya berasal, saya bisa dengan bangga mengatakan “dari Majalengka Kota Wisata Pendidikan”. Amin
 
 
 

oooOooo

(you must login to post comments/replies, you can register here)
(this article is moderated - you can see your comments/replies as soon as you post them, but others will only see them once the article owner has approved them)
bahasa/language: Bahasa Indonesia English Language
Excelsis Fine Fragrances -Handcrafted With Real Essential Oils
Mastershop
BigYellowzone.com - Web Developers - Shopping Cart Specialists.
Advertise Here - Get Worldwide and Local Reach by promoting your business on warta-majalengka.com

Privacy Policy and Terms

We take privacy seriously.

We take the privacy of our site's visitors/members very seriously.
Please click here to view our privacy policy and general terms, which also includes details of "who can see what?" regarding the information that you enter on the site, and our general approach/terms to usage of the site.

Copyright © 2011-2017 BigYellowZone. All Rights Reserved.
Designed/Created by: BigYellowZone.com