Signup here Login Subscribe
Article Categories
Entertainment
Shopping
Food
Tourism
Education
Culture
Science/Tech
General
Cross-Regional
Education News
SEKILAS INFO KURSUS KOMPUTER
dhk_va's Articles
PAKU dan AMARAH
GREEN SMELTER ATD
1001 Burung Kertas
dhk_va's Blogs
d'_va
Advertise Here - Get Worldwide and Local Reach by promoting your business on warta-majalengka.com

Museum Timah Indonesia

Comments (0) (in Education) - by: dhk_va - 26-OCT-2011 4:35 AM
Tidak banyak yang tahu kalau Museum Timah Indonesia tercatat sebagai satu-satunya Museum Timah di Indonesia bahkan di Asia, berada di Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Museum Timah Indonesia
Museum Timah Indonesia

Museum yang menempati rumah dinas Hoofdt Administrateur Banka Tin Winning (BTW) di Jalan Ahmad Yani No. 179 Pangkalpinang ini menyimpan catatan perjalanan panjang sejarah pertimahan di Bangka Belitung khususnya dan dunia pada umumnya. Dari rumah yang juga memiliki nilai sejarah tinggi bagi kemerdekaan RI inilah kita bisa melihat rekam jejak pertambangan timah di Bangka Belitung.

Museum ini didirikan pada tahun 1958 dengan tujuan untuk mencatat sejarah pertimahan di Bangka Belitung dan memperkenalkannya ke masyarakat. Pendirian museum ini berawal tahun 50-an ketika saat itu dalam kegiatan penambangan banyak ditemukan benda-benda tradisional yang digunakan oleh penambang zaman dahulu utamanya zaman Belanda. Baru pada 2 Agustus 1997 museum ini resmi dibuka sekaligus diresmikan sebagai Museum Timah oleh Dirut PT. Timah yang saat itu Erry Riyana Hardjapamekas. Sebelumnya pada masa Unit Penambangan Timah Bangka (UPTB) museum timah sudah ada hanya saja masih dalam skup yang kecil.

Dalam perkembangannya museum ini sangat berguna bagi masyarakat dimana di dalamnya masyarakat dapat mengetahui sejarah pertimahan di Bangka Belitung, teknologi pertambangan timah dari zaman Belanda hingga yang terkini.
Minat masyarakat yang terus berkembang membuat PT. Timah Tbk terus mengembangkan museum ini, tahun 2010 lalu misalnya PT.Timah Tbk melakukan rehabilitasi mulai dari renovasi tata letak sehingga lebih fokus pada pertambangan, menambah materi-materi yang ada di dalamnya sehingga alur sejarah pertambangan lebih nampak di sini.

Disamping koleksinya tentang sejarah pertambangan timah, gedungnyapun merupakan tempat bersejarah karena dijadikan lokasi beberapa kali perundingan atau diplomasi antara pemimpin republik yang diasingkan ke Bangka dengan pemerintah Belanda dan UNCI ( United Nations Commission for Indonesia) sehingga lahirlah Roem-Royen Statement pada tanggal 7 Mei 1949 ( delegasi Indonesia dipimpin oleh Mr. Moh. Roem dan delegasi Belanda dipimpin oleh H.J. Van Royen )

Awalnya perundingan-perundingan dilaksanakan di Bukit Menumbing, kemudian perundingan dipindahkan ke Pangkalpinang karena peserta perundingan bertambah dengan hadirnya pejabat dari KTN ( Komisi Tiga Negara ) yang kemudian ditukar namanya menjadi Komisi Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Indonesia UNCI ( United Nations Commision for Indonesia ).

Museum Timah ini tidak hanya bermanfaat bagi dunia pendidikan dan masyarakat pada umumnya yang ingin mengetahui sejarah pertimahan, namun juga mampu menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dan para pengunjung tidak dipungut biaya masuk , malah bagi para pelajar diberikan kenang-kenangan berupa buku tulis setiap mengunjungi museum.

 

(you must login to post comments/replies, you can register here)
bahasa/language: Bahasa Indonesia English Language
Excelsis Fine Fragrances -Handcrafted With Real Essential Oils
Mastershop
BigYellowzone.com - Web Developers - Shopping Cart Specialists.
Advertise Here - Get Worldwide and Local Reach by promoting your business on warta-majalengka.com

Privacy Policy and Terms

We take privacy seriously.

We take the privacy of our site's visitors/members very seriously.
Please click here to view our privacy policy and general terms, which also includes details of "who can see what?" regarding the information that you enter on the site, and our general approach/terms to usage of the site.

Copyright © 2011-2017 BigYellowZone. All Rights Reserved.
Designed/Created by: BigYellowZone.com