Daftar di sini Login Berlangganan
Artikel Kategori
Hiburan
Belanja
Makanan
Wisata
Pendidikan
Budaya
Ilmu/Tek
Umum
Lintas Daerah
dhk_va Artikel
PAKU dan AMARAH
1001 Burung Kertas
Museum Timah Indonesia
dhk_va's Blogs
d'_va
Iklan di Sini - Dapatkan Jangkauan Worldwide dan Lokal dengan mempromosikan bisnis Anda di warta-majalengka.com

GREEN SMELTER ATD

Komentar (0) (di Ilmu/Tek) - oleh: dhk_va - 01-NOV-2011 06:05
Diharapkan dapat menjadi icon smelter tradisional
Proses Peleburan Timah
Proses Peleburan Timah

Green Smelter ATD merupakan smelter yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan teknologi peleburan super canggih yang ramah lingkungan.Terletak di Kawasan Industri Jelitik Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Smelter yang memiliki luas  area 4 hektar dan diperkirakan dapat menghasilkan produksi lebih dari 60.000 ton/ tahun. Green Smeter ATD diresmikan Minggu ( 30/10/2011) oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


Dinamai "Green Smelter ATD" karena smelter ini tidak lagi menghasilkan limbah asap, tetapi menghasilkan uap yang ramah lingkungan. Sebagai bukti smelter ini ramah lingkungan, dibelakang area pabrik sudah dikembangkan ayam bangkok potong dan kambing bertanduk 4 dalam program CD ( Community Development).


Direktur PT.TIMAH Tbk Wachid Usman yang ikut menghadiri peresmian Green Smelter ATD pun memuji kecanggihan teknologi yang digunakan smelter ini. Menurutnya, PT TIMAH Tbk sendiri belum memiliki teknologi secanggih smelter ATD . " Selain tidak lagi menghasilkan asap, tanur pengolah slag dan tanur listrik yang dimiliki smelter ATD juga canggih , " ungkap Wachid Usman.

 

Dalam proses produksinya, sulfur serta bahan bakar yang digunakan akan terfilter dan diubah menjadi uap sehingga tidak membuat limbah bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Selain itu, slag-slag timah yang merupakan limbah produksi yang selama ini terbuang percuma atau diekspor ke negara lain, sekarang dapat dilebur di smelter ini dan dijadikan bahan baku timah yang lebih bernilai.

 

Smelter ini merupakan pabrik peleburan timah dengan dua tanur. Satu tanur dengan bahan bakar batubara digunakan untuk melebur slag menjadi debu. Satu tanur lagi disebut tanur listrik menggunakan tenaga listrik dalam proses peleburannya. Debu-debu hasil peleburan slag diolah atau dilebur kembali menggunakan tanur listrik sehingga menjadi logam timah kadar 99,9 persen. Sisa buangan yang diperoleh bahkan hanya 0,3 persen saja.

" Kita berharap dengan terobosan-terobosan ini dapat membuktikan bahwa kita juga tidak bergantung dengan negara lain. Bukan bahan baku timahnya yang kita kirim ke luar negeri, tetapi ilmu dan kecanggihan teknologi luar negeri yang kita bawa ke daerah sehingga produk yang dihasilkan bernilai tinggi, " ungkap Hidayat Arsani Direktur PT. ATD Makmur Mandiri




Istilah-istilah :
 

  • Smelter        =  pabrik peleburan timah
  • Slag              = limbah timah
  • Tanur            = tempat pembakaran/peleburan
(Anda harus login untuk mengirim komentar/balasan, Anda dapat mendaftar di sini)
bahasa/language: Bahasa Indonesia English Language
Excelsis Fine Fragrances -Handcrafted With Real Essential Oils
Mastershop
BigYellowzone.com - Pengembang Web - Belanja Spesialis
Iklan di Sini - Dapatkan Jangkauan Worldwide dan Lokal dengan mempromosikan bisnis Anda di warta-majalengka.com

Kebijakan Privasi dan Ketentuan

Kami menjaga privasi serius.

Kami menghargai privasi dari pengunjung situs kami / anggota sangat serius.
Silakan klik di sini untuk melihat kebijakan privasi kami dan istilah umum, yang juga mencakup rincian dari "yang dapat melihat apa?" mengenai informasi yang Anda masukkan di situs, dan pendekatan umum kami / istilah untuk penggunaan situs.

Hak Cipta © 2011-2017 BigYellowZone. All Rights Reserved.
Dirancang/Dibuat oleh: BigYellowZone.com